Detail Berita

Perpindahan (Mutasi) Peserta Didik Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

PERPINDAHAN (MUTASI) PESERTA DIDIK SEMESTER
GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Menindaklanjuti Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2012 tentang Tata Cara Perpindahan Peserta Didik, dengan ini saya minta perhatian Saudara hal-hal sebagai berikut.

I. Lingkup Perpindahan (Mutasi) Peserta Didik

  1. Peserta didik dapat pindah dari satu Sekolah/Madrasah/PKBM ke Sekolah/Madrasah/PKBM yang sederajat.
  2. Peserta didik dapat pindah dari satuan pendidikan Luar Negeri ke Sekolah/Madrasah/PKBM sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

II. Perpindahan (Mutasi) Masuk

  1. Ketentuan Umum
    1. Perpindahan (Mutasi) masuk peserta didik dapat dilaksanakan apabila daya tampung sekolah masih tersedia dengan memperhatikan ketentuan rasio kelas.
    2. Batas akhir perpindahan (mutasi) masuk bagi peserta didik kelas I s.d. V SD, kelas  VII dan VIII SMP, kelas X dan XI SMA/SMK, tanggal 22 Februari 2019.
    3. Batas akhir mutasi masuk bagi peserta didik kelas VI SD tanggal 15 Februari 2019.
    4. Batas akhir mutasi masuk bagi peserta didik kelas IX SMP dan kelas XII SMA tanggal 15 Januari 2019.
    5. Peserta Didik kelas XII SMK tidak diperbolehkan mutasi masuk pada semester genap.
    6. Kepala Sekolah menetapkan keputusan tentang Pembentukan Panitia Perpindahan (Mutasi) Peserta Didik sesuai kebutuhan yang terdiri dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
    7. Pelaksanaan proses perpindahan (mutasi) harus obyektif, transparan, akuntabel, adil dan tidak diskriminatif.
  1. Persyaratan
    1. Umum
      1. Surat permohonan orang tua tentang perpindahan (mutasi) masuk peserta didik bermaterai Rp 6.000,- ke sekolah yang dituju.
      2. Fotokopi Rapor yang telah dilegalisir Sekolah/Madrasah/PKBM dan menunjukkan Rapor asli.
      3. Fotokopi ljazah dan SHUN yang dilegalisir bagi peserta didik SMP, SMA dan SMK serta menujukkan dokumen asli
      4. Fotokopi sertifikat akreditasi sekolah.
      5. Fotokopi surat izin operasional/penyelenggaraan sekolah bagi peserta didik yang berasal dari Sekolah/Madrasah/PKBM swasta.
      6. Surat keterangan bahwa peserta didik yang bersangkutan tidak sedang menjalani sanksi karena melakukan pelanggaran tata tertib sekolah.
      7. Fotokopi Nomor lnduk Siswa Nasional (NISN).
    2. Khusus
      1. Bagi peserta didik dari sekolah penyelenggara KTSP 2006 yang akan mutasi masuk ke sekolah penyelenggara Kurikulum 2013 :
        1. Melampirkan persyaratan sebagai mana dimaksud pada butir 2 huruf a;
        2. Mengikuti seleksi dengan kurikulum 2013;
        3. Jika dinyatakan lulus dan diterima, sekolah harus mengadakan matrikulasi untuk beberapa mata pelajaran yang dianggap perlu;
        4. Pelaksanaan matrikulasi sekurang-kurangnya 30 (tigapuluh) hari efektif;
      2. Bagi peserta didik SMA dan SMK dan peminatan yang berbeda :
        1. Melampirkan persyaratan sebagaimana dimaksud pada butir 2 huruf a;
        2. Mengikuti Tes Potensi Akademik serta wawancara bila diperlukan;
        3. Khusus SMK, perpindahan hanya dapat dilakukan untuk kompetensi keahlian yang sama.
  2. Persyaratan bagi peserta didik berasal dari Satuan Pendidikan Negara lain :
    1. Melampirkan persyaratan sebagaimana dimaksud pada butir 2 huruf a angka 1) sampai dengan angka 4).
    2. Surat Keterangan dari Sekolah asal.
    3. Surat Keterangan Penempatan Peserta Didik dari Direktur Jenderal yang menangani bidang pendidikan dasar dan menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    4. Rekomendasi/Surat Keterangan Atase Pendidikan dan Kebudayaan dari Negara sekolah asal yang menerangkan bahwa sekolah tersebut terakreditasi Baik atau setara Baik.
  3. Jadwal
No Uraian Tanggal
1 Pengumuman daya tampung dan formasi kelas secara terbuka di sekolah

26 s.d 28 Desember 2018

2 Pendaftaran 31 Desember 2018 s.d.
2 Januari 2019
3 Seleksi 3 dan 4 Januari 2019
4 Pengumuman 7 Januari 2019
5 Lapor diri 7 dan 8 Januari 2019
Pukul 08.00 – 15.00 WIB
6 Bagi sekolah yang masih ada formasi, dilanjutkan tahapan seleksi dan jadwal diatur sekolah masing-masing s.d 22 Februari 2019
7 Laporan hasil mutasi ke Dinas Pendidikan 27 dan 28 Februari 2018
  1. Mekanisme/Tata cara Pelaksanaan Mutasi Masuk
    1. Mempublikasikan daya tampung yang tersedia dan tata cara pelaksanaan mutasi di papan pengumuman atau website sekolah;
    2. Menyusun bahan seleksi sesuai kebutuhan;
    3. Melaksanakan seleksi;
    4. Pengumuman hasil seleksi di papan pengumuman sekolah atau web sekolah;
    5. Kriteria seleksi adalah hasil tes 40%, Nilai SHUS/M-BN (SD) dan SHUN (SMP) 40% dan rata-rata rapor 20%;
    6. Khusus untuk SD seleksi menggunakan jarak dari rumah ke sekolah dan nilai rata-rata rapor
    7. Tahapan pelaksanaan proses mutasi :
      1. Pendaftaran;
      2. Verifikasi kelengkapan berkas;
      3. Seleksi;
      4. Pengumuman secara terbuka;
      5. Hasil seleksi peserta didik dilaporkan kepada Bidang Persekolahan terkait.
  2. Lain-lain
    1. Kepala Sekolah membuat laporan mutasi masuk peserta didik yang diterima, kelengkapan berkas diperiksa/diketahui oleh pengawas dan diketahui oleh :
      1. Kepala Bidang persekolahan terkait untuk perpindahan (mutasi) masuk dari luar Provinsi DKI Jakarta;
      2. Kepala Suku Dinas Pendidikan, untuk perpindahan (mutasi) masuk dalam Provinsi DKI Jakarta.
    2. Laporan/mutasi masuk sekaligus permohonan pengesahan dilakukan selambat-lambatnya 1 (satu) minggu setelah calon peserta didik dinyatakan diterima.
    3. Sekolah mengirimkan tembusan persetujuan mutasi kepada Kepala Dinas Pendidikan up. Kepala Bidang terkait untuk diinput pada basis data.
       

Ill.  Perpindaran (Mutasi) Keluar

  1. Surat keterangan pindah (mutasi) keluar dari Provinsi DKI Jakarta ditandatangani Kepala Sekolah, diketahui Pengawas dan disahkan oleh Kepala Bidang Persekolahan untuk peserta didik SMP, SMA dan SMK;
  2. Surat keterangan pindah (mutasi) keluar dalam Provinsi DKI Jakarta ditandatangani Kepala Sekolah, diketahui Pengawas dan disahkan oleh Kepala Suku Dinas untuk peserta didik SMP, SMA dan SMK;
  3. Surat keterangan pindah (mutasi) keluar dari Provinsi DKI Jakarta ditandatangani Kepala Sekolah, diketahui Kepala Satuan Pelaksana Kecamatan dan disahkan oleh Kepala Suku Dinas dan Kepala Bidang Persekolahan untuk peserta didik SD
  4. Surat keterangan pindah (mutasi) keluar dalam Provinsi DKI Jakarta ditandatangani Kepala Sekolah, diketahui Kepala Satuan Pelaksana Kecamatan dan disahkan oleh Kepala Suku Dinas untuk peserta didik SD;
  5. Lampiran Surat Keterangan Pindah (mutasi) Keluar adalah :
    1. Surat permohonan orang tua tentang mutasi keluar bermaterai Rp 6.000,00;
    2. Fotokopi ijazah dan SHUS/M-BN untuk peserta didik SMP, SMA dan SMK;
    3. Fotokopi Rapor dan aslinya;
    4. Fotokopi daftar nama peserta didik kolektif (daftar 8355);
    5. Fotokopi sertifikat akreditasi sekolah;
    6. Fotokopi izin operasional/penyelenggaraan sekolah khusus bagi sekolah swasta;
    7. Fotokopi Nomor lnduk Siswa Nasional (NISN)

Edaran ini untuk menjadi perhatian dan agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab.


Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Ttd

Bowo Irianto
NIP 196204151985031009

Tembusan :

  1. Gubernur Provinsi DKI Jakarta
  2. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
  3. Asisten Kesra Sekda Provinsi DKI Jakarta
  4. Kepala Biro Dikmental Setda Provinsi DKI Jakarta
  5. Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
  6. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
  7. Para Kepala Bidang pada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
  8. Para Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

 

DAYA TAMPUNG MUTASI PESERTA DIDIK SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SDN RAMBUTAN 03 PAGI

KURSI KOSONG JML KURSI KOSONG
KELAS I KELAS II KELAS III KELAS IV KELAS V KELAS VI
0 3 12 11 25 0 51